Panduan untuk Penulis

 

Sebelum anda melakukan pengiriman naskah Karya Tulis Ilmiah (KTI), sebaiknya anda membaca petunjuk 'Panduan Penulis' ini terlebih dahulu. Hal ini akan menjamin KTI anda untuk lebih cepat ditanggapi, didistribusikan kepada para reviewer dan segera mendapatkan jawaban. Editor-in-chief akan langsung mengembalikan naskah KTI anda jika tidak memenuhi kaidah-kaidah penulisan yang telah ditentukan.

 

Surat Pengantar

Pengiriman naskah KTI harus dilengkapi dengan surat pengantar (cover letter) yang berisi informasi singkat mengenai judul karya tulis, informasi para penulis (nama lengkap, instansi, alamat, email, telepon) dan dijelaskan juga siapa yang akan menjadi corresponding author (penulis yang akan berkorespondensi dengan editor). Surat pengantar ini harus pula memuat pernyataan bahwa KTI tersebut merupakan hasil karya sendiri (atau bersama), belum pernah diterbitkan di jurnal lain, serta tidak sedang dalam proses yang sama di jurnal lain. Hal ini untuk menghindari penerbitan ganda pada dua buah jurnal yang berbeda. Contoh surat pengantar dapat menggunakan template berikut ini: Template Surat Pengantar.

 

Pengiriman naskah KTI

Naskah KTI yang sudah selesai (berikut surat pengantarnya) dapat dikirimkan ke alamat email berikut ini: juliwi65@gmail.com . Kami tidak menerima pengiriman naskah melalui alamat email lain atau melalui pos.

 

Originalitas dan Perijinan

Penulis harus menjamin bahwa naskah KTI yang dikirimkan merupakan karya asli (original), bukan berupa saduran, duplikasi dan tidak mengandung unsur plagiarisme. Apabila ada bagian-bagian dari KTI tersebut yang merupakan saduran dari karya tulis lain, maka harus disampaikan dengan jelas sumber rujukannya. Begitu juga apabila dalam naskah karya tulis itu terdapat tabel dan gambar yang diperoleh dari karya tulis lain, maka penulis harus menjamin bahwa hal itu sudah atas sepengetahuan dan/atau ijin dari pemiliknya.

 

Novelty

Selayaknya setiap KTI harus mengandung unsur novelty (hal yang baru) yang belum pernah dilakukan / ditulis oleh orang lain sebe-lumnya. Inilah yang biasanya sering dilupakan oleh para penulis pemula. Novelty itu bisa bermacam-macam bentuknya mulai dari ide, metoda, teknis, perlakuan, hasil, tempat dan sebagainya. Misalnya yang paling sederhana adalah novelty tempat. Contohnya, bisa saja sebuah riset dilakukan dengan metoda yang pernah dilakukan di tempat lain, namun kita mencoba untuk melakukannya di tempat yang berbeda. Maka tentu hasil dari riset tersebut akan sangat spesifik sehingga bisa dianggap sebagai novelty dari riset kita. Namun tentu pemilihan tempat pun harus sangat cermat dan tepat dengan alasan-alasan yang dapat dipertanggungjawabkan.

 

Bahasa Penulisan

Naskah KTI yang dikirimkan dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan memperhatikan tata cara penulisan yang baik dan benar sesuai dengan kaidah penulisan KTI. Untuk naskah KTI berbahasa Indonesia harus menyertakan abstrak dalam Bahasa Inggris, dan begitu juga sebaliknya.

 

Jenis Karya Tulis

Anda memiliki beberapa pilihan jenis karya tulis untuk dapat diterbitkan pada jurnal kami. Jenis-jenis karya tulis ini mengikuti format yang biasa terdapat pada jurnal internasional, serta dikombinasikan dengan format-format KTI yang biasa terdapat pada media-media ilmiah nasional atau sebagaimana yang disyaratkan oleh peraturan aparatur sipil fungsional seperti widyaiswara. Pilihan jenis-jenis KTI tersebut adalah sebagai berikut:

 

1. Paper Riset

Paper Riset atau dalam jurnal internasional sering disebut dengan research article adalah jenis KTI yang merupakan hasil dari sebuah riset atau kajian, baik riset dalam bidang sains maupun riset dalam bidang sosial. Karena merupakan hasil riset, maka jenis materi yang digunakan, metode penelitian, perhitungan statistik dan metode analisa lainnya, harus dijelaskan secara jelas dalam metodologi. Apabila perlu mencantumkan hipotesa, maka hipotesa itu harus konkrit dan spesifik. Analisa dan kesimpulan pun harus disajikan secara padat dan jelas serta mengacu pada hipotesa yang dibangun. Dan salah satu unsur lainnya adalah bahwa KTI jenis ini sedapat mungkin memiliki implikasi kebijakan atau novelty yang cukup kuat yang bermanfaat untuk ilmu pengetahuan dan aplikasinya.

 

2. Paper Riset Singkat

Paper Riset Singkat atau dalam jurnal internasional sering disebut dengan working paper, communication, atau letter adalah jenis KTI yang sama seperti research article, namun disajikan dalam bentuk yang lebih ringkas. KTI jenis ini biasa digunakan untuk menyampai-kan hasil sementara dari sebuah riset yang masih berlangsung secara bertahap, namun penulis merasa perlu untuk segera menyam-paikan dan mengkomunikasikan hasil yang dicapai itu kepada para peneliti lain atau kepada publik dengan analisa yang tidak terlalu komprehensif sebagaimana Paper Riset.

 

3. Catatan Teknis

Catatan Teknis atau dalam jurnal internasional sering disebut dengan technical note, adalah jenis KTI yang juga berbasis pada riset atau kajian, namun lebih menekankan pada aspek teknis atau metode dari riset tersebut. Tentu tujuan, manfaat dan ulasan yang dapat diperoleh dari KTI jenis ini lebih terbatas dibandingkan dengan dua jenis KTI sebelumnya, namun analisa terhadap aspek-aspek teknis menjadi lebih dominan. Dari ukurannya, KTI jenis ini biasanya lebih singkat dari dua jenis KTI sebelumnya.

 

4. Ulasan

Ulasan dan Gagasan dalam jurnal internasional sering disebut dengan review, adalah jenis KTI yang menyajikan ulasan tentang sebuah masa-lah, kebijakan, peraturan, metode, sistem atau aplikasi teknis / teknologi tertentu yang sedang berkembang atau ada di pemerintah / masyarakat. Ulasan ini dijelaskan secara sistematis dan komprehensif dari berbagai sudut pandang (seperti positif-negatif, kekurangan-kelebihan, peluang-ancaman, dsb) serta didukung oleh literatur-literatur yang kuat dan/atau pandangan-pandangan dari para ahli yang berkompeten.

 

5. Inovasi

Inovasi (Innovation), adalah jenis KTI yang menyajikan gagasan atau inovasi baik dalam bidang sains maupun bidang sosial yang ditujukan untuk melengkapi atau memperbaiki sebuah sistem, kebijakan atau aplikasi teknis / teknologi tertentu. KTI jenis ini juga bisa digunakan untuk menyajikan gagasan atau inovasi yang sama sekali baru. Ukuran KTI jenis ini bisa panjang dan bisa juga pendek tergantung dari seberapa detil gagasan dan inovasi itu dijelaskan. Kekuatan KTI jenis ini tergantung dari seberapa rinci dari gagasan dan inovasi yang sedang kita tawarkan itu dapat diterapkan dalam tataran aplikasi.

 

6. Resensi

Resensi (book review), adalah bentuk KTI yang menyajikan resensi sebuah buku ilmiah (text book), baik buku dalam bidang sains maupun buku dalam bidang sosial. Resensi buku ini disajikan secara singkat dan lugas dengan menyampaikan kelebihan (dan kekurangan kalau ada) dari sebuah buku.

 

Susunan format KTI

Agar tercipta keseragaman dalam susunan KTI, maka susunan naskah KTI harus mengikuti format sebagai berikut:

 

A. Untuk KTI jenis Paper Riset,Paper Riset Singkat, atau Catatan Teknis, silakan download template ini dengan format KTI sbb:

  • Judul

  • Informasi para penulis (nama lengkap, instansi, alamat, telpon, email)

  • Abstrak (Inggris dan Indonesia, maksimal 300 kata)

  • Kata kunci (maksimal 6 kata kunci yang tidak terdapat pada judul)

  • Pendahuluan (berisi informasi seperti: latar belakang, tinjauan pustaka, tujuan, manfaat, dsb)

  • Metodologi (berisi informasi seperti: materi, metode, jenis analisa statistik, waktu penelitian, dsb)

  • Hasil dan Pembahasan

  • Kesimpulan

  • Ucapan terimakasih (acknowledgements)

  • Daftar pustaka






  •  

B. Untuk KTI jenis Gagasan & Inovasi dan Ulasan, silakan download template ini dengan format KTI sbb:

  • Judul

  • Informasi para penulis (nama lengkap, instansi, alamat, telpon, email)

  • Abstrak (Inggris dan Indonesia, maksimal 300 kata)

  • Kata kunci (maksimal 6 kata kunci yang tidak terdapat pada judul)

  • Pendahuluan (berisi informasi seperti: latar belakang, tinjauan pustaka, permasalahan, tujuan, manfaat, dsb)

  • Analisa (berisi analisa seperti: positif-negatif, kekurangan-kelebihan, peluang-ancaman, dsb)

  • Kesimpulan

  • Ucapan terimakasih (acknowledgements)

  • Daftar pustaka






  •  

C. Untuk KTI jenis Resensi Buku,silakan download template ini dengan format KTI sbb:

  • Judul

  • Informasi peresensi (nama lengkap, instansi, alamat, telpon, email)

  • Informasi tentang buku (seperti: judul, penulis, penerbit, cetakan, jumlah halaman, foto sampul, dsb)

  • Hasil resensi






  •  

Tabel

Setiap tabel harus diberi nomor dan judul. Nomor tabel harus menggunakan angka Arab (1,2,3, dst) dan judul tabel harus menggam-barkan informasi-informasi penting yang ada pada tabel tersebut. Tabel harus dikirimkan dengan pixel yang jelas (minimal 300 dpi) dan bukan merupakan hasil pemindaian (scanning), fotocopy atau foto. Tabel dapat dikirimkan dalam warna hitam putih atau berwarna. Tabel yang dibuat ulang dari karya tulis lain harus mencantumkan sumber rujukannya.

 

Gambar

Setiap gambar harus diberi nomor dan judul. Nomor gambar harus menggunakan angka Arab (1,2,3, dst) dan judul gambar harus mendeskripsikan informasi-informasi penting yang ada pada gambar tersebut. Gambar harus dikirimkan dalam bentuk asli dengan pixel yang jelas (minimal 300 dpi). Jika terpaksa gambar tersebut harus diperoleh dengan cara pemindaian (scanning), maka hasilnya harus benar-benar dapat dibaca dan layak diterbitkan. Gambar dapat dikirimkan dalam warna hitam putih atau berwarna. Gambar yang dibuat ulang (atau dipindai) dari karya tulis lain harus atas sepengetahuan sumber aslinya.

 

Daftar Pustaka

Akhir sebuah KTI harus dilengkapi dengan daftar pustaka. Untuk menjaga keseragaman, maka penulisan daftar pustaka pada JLW harus mengikuti contoh berikut ini:

 

Untuk pustaka berupa KTI:

Suwandana, E., Kawamura, K., Sakuno, Y., & Kustiyanto, E. (2012). Thematic information content assessment of the ASTER GDEM: A case study of watershed delineation in West Java, Indonesia. Remote Sensing Letters, 3(5), 423-432.

 

Untuk pustaka berupa KTI dalam sebuah buku:

O'clair, K. M. (1995). Demonstrating cultural sensitivity in field research. In M. Miller & A. J. Kennedy (Eds.), Principels of applied research (pp. 15-68). New York, NY: Sage.

 

Untuk pustaka berupa buku:

Zabar, A. (1989). Alphabet soup. New York, NY: Stewart, Tabori, & Chang, Inc.

 

Untuk pustaka berupa buku dengan editor:

Aspinwall, L. G. & Staudinger, U. M. (Eds.). (2002). A psychology of human strengths: Fundamental questions and future directions for a positive psychology. Washington, DC.: American Psychological Association.

 

Untuk pustaka yang diambil dari media online:

Suwandana, E., K. Kawamura, K. Tanaka, Y. Sakuno and P. Raharjo. 2011. Escherichia coli and biophysicochemical relationships of seawater and water pollution index in the Jakarta Bay. American Journal of Environmental Sciences, 7(3), 183-194. Retrieved from http://thescipub.com/abstract/10.3844/ajessp.2011.183.194.

 

Biaya Penerbitan

Untuk saat ini, kami tidak menerapkan biaya apapun, baik biaya pemrosesan maupun biaya penerbitan. Apabila ada pihak-pihak lain yang meminta imbalan biaya, maka harap segera memberitahukannya kepada kami.

 

Alamat Kami

Untuk kepentingan lain yang membutuhkan surat menyurat, anda dapat menyampaikannya kepada kami melalui alamat:

Sekretariat Jurnal Lingkar Widyaiswara

d/a Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Banten

Jl. Lintas Timur Km. 4, Kel. Pegadungan

Kec. Karang Tanjung, Pandeglang 42251, Provinsi Banten

Tel: 0253-206544

Email: editorinchief@juliwi.com.